Lima Urban Legend China Menurut Kepercayaan

Lima Urban Legend China Menurut Kepercayaan

MyMisteri Leony Li
- Siapa yang tidak kenal negara china yang dinobatkan sebagai tirai bambu serta ekonomi yang super elit ini, namun tahukah anda tentang legenda-legenda yang ada di china ini? Baiklah, kali ini MyMisteri akan mengajak anda untuk mengenal tentang legenda yang dipercayai dari turun-temurun. Ikuti ulasan lengkap dibawah ini.

01. Ba jiao gui (Hantu Pisang)


Ba jiao gui (Hantu Pisang)

Ba jiao gui biasa dalam aritan sebagai hantu pisang. Hantu wanita yang tinggal di pohon pisang ini akan muncul sembarai meratap pada malam hari, kadang-kadang sambil membawa bayi. Dalam beberapa cerita rakyat dari Thailand, Malaysia dan Singapura, bahkan indonesia, orang-orang senang meminta nomor undian (Togel) dari hantu itu dengan harapan mendapatkan nomor jitu.

Mereka akan mengikat benang merah mengelilingi batang pohon dan menempelkan jarum di dalamnya dan kemudian mengikat ujung tali ke tempat tidur mereka. Saat malam hari, Ba jiao gui akan muncul dan memohon kepada orang-orang itu untuk membebaskannya, dan sebagai imbalannya, ia akan memberikan nomor undian.

Jika orang tersebut tidak memenuhi janjinya untuk membebaskan hantu tersebut setelah menang, dia akan bertemu dengan kematian yang mengerikan. Hantu ini sering disamakan dengan Pontianak, hantu dalam cerita rakyat Melayu.

02. E gui (Hantu Festival)


E gui (Hantu Festival)

E gui mengacu pada hantu yang muncul selama Festival Hantu berlangsung di China. E gui diyakini sebagai roh dari orang-orang yang melakukan dosa karena keserakahan mereka ketika masih hidup, dan telah dikutuk untuk menderita kelaparan setelah kematian.

E gui memiliki mulut yang terlalu kecil untuk menelan makanan dan seluruh tubuhnya ditutupi dengan kulit berwarna hijau atau abu-abu, kadang-kadang dengan perut gendut. Hantu ini menderita rasa lapar yang tak akan pernah bisa terpuaskan.

Dia menghantui jalanan dan dapur, mencari korban dan makanan yang telah membusuk. E gui yang lapar juga mengonsumsi sesuatu, termasuk kotoran dan daging busuk.

03. Gui po (Hantu Pelayan)


Gui po (Hantu Pelayan)

Gui po adalah hantu yang mengambil bentuk dari sosok wanita tua yang ramah. Mereka mungkin adalah roh baik yang dulunya bekerja sebagai pembantu di sebuah keluarga kaya. Dan kemudian mereka kembali untuk membantu tuan mereka dengan mengerjakan urusan rumah tangga atau mengurus anak-anak dan bayi.

04. Heibai Wuchang (Pencabut Nyawa)


Heibai Wuchang (Pencabut Nyawa)

Dalam beberapa cerita, Heibai Wuchang adalah malaikat pencabut nyawa yang diyakini dari turun temurun oleh rakyat china, seperti disimpulkan bila seseorang sudah mau tutup usia, Heibai Wuchang akan datang dan menunggu roh tersebut keluar dari raganya.

Ada beberapa patung Heibai Wuchang yang ditaruh di beberapa kuil di China, di mana mereka disembah, dan biasanya digambarkan dengan seringaian ganas di wajah mereka dan lidah merah yang panjang mencuat keluar dari mulut untuk menakut-nakuti roh-roh jahat.

05. Wutou gui (Hantu Tanpa Kepala)


Wutou gui (Hantu Tanpa Kepala)

Wutou gui adalah hantu tanpa kepala yang berkeliaran tanpa tujuan jelas. Mereka adalah roh-roh orang yang dibunuh dengan cara dipenggal. Itu bisa dikarenakan berbagai sebab, misalnya eksekusi, kecelakaan dan lain-lain.

Dalam beberapa cerita rakyat China, wutou gui konon akan mendekati seseorang di malam hari dan meminta kepala orang tersebut. Wutou gui juga kadang-kadang digambarkan sebagai roh pembawa kepala.

Itulah lima legenda yang Mymisteri ulas kali ini, bagaimana menurut anda sobat?